6 Oleh-oleh Klasik dan Kekinian ala Bandung, Dijamin Nagih!

By Halal Trip | 20, Jun, 2024
6 Oleh-oleh Klasik dan Kekinian ala Bandung, Dijamin Nagih!

Bandung adalah destinasi wisata favorit yang bisa dikatakan penuh akan aktivitas dan kuliner yang menarik. Kota besar ini penuh akan sejarah, keindahan estetika, dan “keresahan” bagi kaum-kaum FOMO yang ingin berpetualang dan mencoba berbagai hal baru, yang dimana umumnya berasal dan hanya ada di Bandung. Dengan berbagai hal seru dan menarik di Bandung, kembali pulang ke kota asalmu bisa menjadi sesuatu yang berat. 

Oleh karena itu, membawa pulang makanan maupun camilan ala Bandung adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenang memori mengasyikkanmu selama di Bandung! Di kota kuliner ini, terdapat beragam pilihan kuliner maupun camilan yang bisa kamu nikmati dan bawa pulang, mulai dari hidangan klasik sampai dengan yang baru-baru ini viral. Mulai dari hidangan gurih maupun penutup, berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa membantumu melupakan rasa ‘pahit’nya pulang dan mengingat ‘manis’nya kenanganmu di Bandung!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Kopi Aroma

Berdiri sejak 1930, Kopi Aroma (atau dahulu dikenal dengan nama Koffie Fabriek Aroma) adalah usaha yang telah melayani permintaan kopi sejak jaman Belanda di Bandung dan terkenal untuk harga yang terjangkau, kopi yang harum, dan cita rasa yang enak namun lembut bagi lambung para peminumnya. Tanpa menggunakan bahan kimiawi maupun pengawet, Kopi Aroma ini merupakan resep dan tradisi turun temurun yang diolah menggunakan metode tradisional. 

Pengolahan kopi di Kopi Aroma berlangsung mulai dari kopi hijau yang kemudian dijemur di bawah sinar matahari, yang setelahnya disimpan untuk proses penuaan selama 5-8 tahun (sesuai jenis arabika/robusta) sebelum disangrai menggunakan mesin yang sama ketika pendiriannya di 1930. 

Perlu diingat, bahwa toko Aroma tidak menjual produknya melalui distributor, penjualan online, maupun cabang ataupun kafe lainnya. Jadi pastikan kamu membeli produk yang asli di tokonya ya!

Alamat: Jl. Banceuy No. 51, Bandung 40111

Jam Operasional: Senin – Sabtu, 09.00 – 14.30 WIB (Minggu dan Hari Libur Tutup)

No. Telepon: +62224230473

Website | Facebook | Instagram

 

Brownies Amandabrownies amanda

Kredit Foto: Amanda Brownies di Facebook

Sempat menjadi jajanan wajib pada masanya, Brownies Amanda adalah oleh-oleh yang melegenda dari Bandung. Merupakan the “it” brownie pada era 2010an di Bandung, Brownies Amanda dikenal untuk rasa yang kaya, tekstur yang lembut, dan kualitas yang tinggi. Menjadikannya produk favorit masyarakat yang identik dengan kota Paris Van Java ini. Dengan sertifikasi halal, pengunjung tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi brownies favorit di Bandung ini!

Popularitasnya yang tumbuh dan besar dari rasa original, membuat kamu wajib kudu harus banget untuk mencoba varian yang membuat “Brownies ya Amanda”. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai varian rasa klasik sampai terbaru yang ditawarkan oleh Brownies Amanda, diantaranya, brownies bakar, pink marble, cream cheese, green tea, hingga orange cheese. Butuh variasi lain selain brownies? Berbagai jenis pastry, bolu, cake, hingga lapis legit juga bisa kamu temukan disini!

Alamat: 

  • Jl. L.L.RE. Martadinata (Jl. Riau) No.154 Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jl. Cikawao No.1-3, Kota Bandung
  • Jl. Pasir Kaliki - Ruko Paskal Hyper Square Blok A43, Kota Bandung
  • Jl. Terusan Jakarta No.6 (Antapani), Kota Bandung
  • Jl. Dr. Setiabudhi No.164, Kota Bandung
  • Jl. Rancabolang No. 29, Kota Bandung (Pusat)

Cek disini untuk outlet lainnya di sekitar Bandung dan kota lainnya di Indonesia.

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 –  21.00 WIB

No. Telepon: +628112114000

Website | Facebook | Instagram | YouTube | TikTok

 

Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang (BSL) adalah sensasi kuliner lainnya yang harus kamu coba. Dibuat dengan bahan-bahan lokal dan susu berkualitas tinggi, bolu ini memiliki tekstur lembut, aroma yang menggoda. Dengan 19 varian rasa dan yang beragam topping yang menggugah selera dan unik, bolu ala BSL dijamin cocok untuk berbagai kalangan dan lidah penikmatnya.

Dengan citarasa yang unik dan khas, BSL akan dijamin membuat kamu rindu akan kelezatan khas Bandung. Dibandrol Dengan harga yang juga terjangkau, kami menyarankan kamu untuk membeli berbagai rasa, dan jangan khawatir mubadzir karena disini ada varian mini pack juga loh! Beberapa produk favorit dari BSL yang harus kamu coba dan nikmati bersama teman adalah original, tiramisu, dan alpukat cokelat. Selain bolunya, kamu juga harus coba pancake susu lembang atau yang dikenal juga dengan surabiyaki yang memadukan citarasa dan tekstur dari kue tradisional surabi, dan dorayaki asal Jepang. Dengan rasa yang lembut dan manis, dijamin akan membawa kenangan manis dan kehangatan Bandung ke dalam setiap gigitannya

Alamat: 

  • Jl. RE Martadinata No. 57, Bandung
  • Jl. Raya Lembang No. 291, Bandung
  • Jl. Raya Lembang No. 202 Km 14,3, Bandung
  • Stasiun Bandung (Pintu Utara), Jl. Stasiun Barat, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181
  • Jl. Cihampelas No.186, Cipaganti, Bandung
  • Stasiun Kiaracondong (Pintu Selatan), Jl. Stasiun Lama, Kiaracondong, Bandung
  • Jl Raya Lembang RT 001 RW 001, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 –  22.00 WIB

No. Telepon: +628111500146

Website | Facebook | Instagram | X (Twitter) 

 

Kartika Sari bolen pisang kartika sari

Kredit Foto: Kartika Sari

Kartika Sari telah lama menjadi ikon dari toko kue, roti, dan oleh-oleh di Kota Bandung, terkenal dengan dedikasi mereka dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi sejak 1974. Sejarahnya yang panjang ini, berasal dari resep turun-menurun dari keluarga Ibu Ratnawati sejak jaman Belanda, dan berawal dari bisnis rumahan. Sebagai pionir dalam industri roti dan kue di Indonesia, Kartikasari terus berinovasi dengan memadukan tradisi kuliner Indonesia dengan teknik masak yang unik, dan dipadukan dengan teknologi modern. Tidak hanya menjanjikan rasa yang lezat dengan kualitas bahan baku yang terjamin, Kartika Sari adalah ikon dari oleh-oleh Bandung yang wajib banget untuk kamu coba dengan citarasa yang otentik.

Penuh dengan berbagai pilihan mulai dari asin hingga manis, produk unggulan Kartika Sari mencakup berbagai jenis seperti roll, bolen, soes, lapis, brownies, hingga roti. Merupakan produk favorit yang membuat Kartika Sari populer, pisang bolen adalah menu yang kamu HARUS coba. Selain itu, beberapa menu favorit yang cocok untuk kamu coba diantaranya adalah varian roll (choco, cheese, banana), peyeum keju bolen, brownies panggang, dan lapis legit.

Telah berdiri lebih dari lima dekade, Kartika Sari tidak hanya menjadi tempat favorit warga lokal tetapi juga destinasi wajib bagi para wisatawan yang ingin mencicipi kekayaan rasa klasik Indonesia dan merupakan warisan kuliner dan kebanggaan Kota Bandung. Sebuah perayaan akan cita rasa Indonesia yang kaya dan beragam.

Alamat dan No. Telepon: 

  • Jl. H. Akbar No.4, Pasir Kaliki Bandung - (022) 4231355
  • Jl. Kebon Jukut No. 3 C, Bandung - (022) 4230397
  • Jl. Terusan Jakarta No. 77 E, Bandung - (022) 7101280
  • Jl. Kopo Sayati No. 111 A, Bandung - (022) 5414340
  • Jl. Buah Batu No. 165 A, Bandung - (022) 7319385
  • Jl. Ir. H. Djuanda No. 85 ‐ 87, Dago, Bandung - (022) 2509500
  • Jl. Raya Timur No. 518, Cimahi - (022) 6656280
  • Jl. A.H. Nasution No. 133, Ujung Berung, Bandung - (022) 63728000

Website | Facebook | Instagram 

 

Tahu Susu Lembang 

Nah ini dia jajanan dan oleh-oleh favorit semua orang ketika berkunjung ke Lembang, kalau gak beli ya ga lengkap rasanya. Terus berkembang, Tahu Susu Lembang ini juga memiliki beberapa cabang di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, hingga rest area, sehingga mempermudah kamu yang penasaran dengan rasanya namun tidak sempat ke Lembang. Tahu Susu Lembang ini juga memiliki drive thru ala restoran fast food loh! Memungkinkan pelayanan yang cepat apabila kamu masih memiliki berbagai agenda bertualang di Bandung.

Berfokus pada tiga jenis tahu yaitu kuning, putih, dan mentega, tahu-tahu ini dijamin memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang tidak masam seperti tahu pada umumnya. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati tahu enak di rumah. Sebagai pusat oleh-oleh, outlet-outlet Tahu Susu Lembang ini juga dipenuhi dengan pilihan buah tangan yang beragam loh dan kamu juga bisa menikmati tahu serta hidangan lainnya yang tak kalah nikmat di tempat.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Jawa Barat, Indonesia 40266

Cek disini untuk outlet di Kota Bandung dan sekitarnya

Jam Operasional: 

  • Senin – Jumat, 08.00 – 19.00 WIB
  • Sabtu – Minggu, 08.00 – 20.00 WIB

No. Telepon

  • (022) 2789008
  • +6289668314800

Instagram 

 

Batagor Kingsleybatagor kingsley

Kredit Foto: Batagor Kingsley di Instagram

Berdiri sejak tahun 1962, Batagor Kingsley merupakan salah satu jajanan dan kuliner legendaris favorit lokal. Identik sebagai buah tangan Kota Bandung, Batagor Kingsley juga mengedepankan proses yang higienis dan bersertifikasi halal. Belum lengkap rasanya ke Bandung kalau belum mencoba batagor ini!

Batagor yang dibuat dengan bahan terbaik ini memiliki kerenyahan yang tak tersaingi, namun dengan isi yang ngedaging loh! Cocok untuk kamu nikmati dengan bumbu kacang, kecap, dan jeruk nipis sebagai pengganjal perut. Batagor Kingsley juga tidak hanya menjual batagor, menu-menu lain seperti baso tahu kukus, mie baso, lomie, hingga makanan utama lainnya juga bisa kamu nikmati baik ditempat maupun untuk dibawa pulang. Akhiri sesi cemil-cemil maupun makanmu dengan beberapa makanan ringan serta minuman tradisional nan jadoel yang bisa kamu coba disini. Baik itu kue cubit atau pukis jadoel, maupun ronde dan cendol, kami yakin kamu akan menemukan menu favoritmu dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan!

Yuk coba! Bagi kamu yang ingin tapi tidak bisa berkunjung ke Bandung, Batagor Kingsley juga menyediakan jasa pengiriman ke luar kota. Ingat ya bahwa hanya ada satu lokasi untuk Batagor Kingsley yang asli, jangan sampai salah beli ya!

Alamat: Jl. Veteran No.25, Bandung 

Jam Operasional: Jumat – Rabu, 09.00 – 14.30 WIB (Kamis libur kecuali hari besar)

No. Telepon

  • +6281318700320
  • +6281323055118 (pemesanan luar kota)

Linktree | Instagram 

Leave a comment