6 Kios Ternikmat Untuk Jajan-Jajan di Pasar Santa

By Muhammad Jodi Pratama | 05, Aug, 2024
6 Kios Ternikmat Untuk Jajan-Jajan di Pasar Santa

Pasar tradisional yang merupakan tempat jual beli serta bertransaksi bagi berbagai kalangan masyarakat, merupakan jantung dari perekonomian warga sekitarnya. Identik dengan hiruk pikuk dan keramaiannya, mayoritas pengunjung pasar adalah orang yang memburu harga murah, maupun membeli barang segar dalam jumlah banyak. Begitulah pandangan orang terhadap pasar dan aktivitas yang ada di dalamnya.

Seiring perkembangan zaman dan perubahannya pada perilaku masyarakat, fungsi pasar juga berubah dan tumbuh sesuai dengan gaya hidup, yang tidak melulu dipenuhi oleh jual beli barang pangan dengan harga yang murah. Perkenalkan Pasar Santa, dimana pasar tradisional Jakarta ini telah diubah menjadi tempat berkuliner serta berbelanja barang-barang trendi bagi anak muda.

Disini kamu bisa mencoba berbagai kuliner asik nan menarik, baik yang sedang ramai di berbagai sosial media maupun hidangan tradisional yang dilahirkan kembali untuk dinikmati kalangan muda. Daripada FOMO, yuk kita coba lihat beberapa kios-kios yang menjual hidangan kuliner ternikmat di Pasar Santa!

halaltrip is now on telegram! get inspired: for the latest trends on travel & food! join our telegram group.

 

Kopi Senenkopi senen

Kita mulai dengan jajanan favorit generasi MZ, alat utama bertahan hidup, serta separuh jiwa kita semua yaitu kopi. Kopi Senen adalah kios kopi yang menawarkan kopi ala kafe dengan harga yang terjangkau, dan varian yang cukup beragam. 

Menggunakan biji kopi lokal, kamu bisa mencoba berbagai rasa kopi favorit masyarakat Indonesia hanya dengan Rp10000. Beberapa menu favorit yang bisa kamu oba adalah es kopi senen (Rp20000), Es Kopi Rebo (Rp25000) dan robusta dingin (Rp15000). Nggak cuma kopi ala-ala, minuman yang lebih tradisional seperti kopi tubruk dan wedang uwuh juga ada dong disini. 

GoFood

 

Bakmie Astabakmi asta

Kredit Foto: kesukaan dan bakmie.asta di Instagram

Ini nih jajanan favorit warga TikTok. Bakmi Asta adalah definisi kios makanan yang percaya diri akan rasa makanan yang mereka jual, menjual hanya 2 jenis menu utama yang berbeda. Kepercayaan Bakmi Asta tersebut terlihat loh dari berbagai review pengunjung yang suka dengan bakmie ini walaupun memiliki menu yang terbatas.

Bakmie Asta dan Ayam Jamur (Rp20000), adalah dua jenis yang ditawarkan oleh Bakmie Asta. Kamu bisa memilih campuran keduanya (bakmie dua topping - Rp24000) atau menambahkan bakso, pangsit (1 jenis - Rp25000/2 jenis topping - 29000), atau bakso pangsit (Rp30000/34000) untuk melengkapi hidangan ini. Nikmati juga bakso serta pangsit rebus mereka sebagai tambahan atau menu terpisah hanya dengan Rp15000.

Instagram

 

Mie Kari Medan 26mie kari medan 26

Kuliner Indonesia sejatinya sangat kaya rasa dengan kombinasi dari bumbu-bumbu yang kuat. Jika kamu menyukai makanan yang kaya akan rasa dan rempah, Mie Kari Medan 26 ini wajib banget kamu coba. Profil rasa yang kuat, dipadukan dengan campuran berbagai tekstur ini akan menjadi makanan yang akan selalu kamu nikmati dan kangeni.

Mie Kari (Rp30000-35000) adalah pilihan favorit yang kamu harus coba. Butuh karbohidrat berupa nasi? Nasi goreng (Rp19500-35000) di sini juga wajib banget harus kamu coba loh. Kedua menu favorit ini dapat kamu nikmati dalam berbagai topping sesuai seleramu, baik itu daging, ayam, sampai dengan seafood. Buat kamu yang kangen jajanan asli Medan, lontong goreng medan (Rp23000) dan Pisang Malaka (Rp22000) juga bisa kamu nikmati disini.

Instagram

 

Neudstadt Eateryneudstadt eatery

Kredit Foto: neudstadt.id di Instagram

Berkunjung ke pasar tradisional, bukan berarti kamu hanya dapat menikmati makanan-makanan klasik masa lalu loh, di Neudstadt Eatery kamu dapat menikmati berbagai hidangan ala Barat yang pastinya berhak viral. Rasa dan presentasi dari hidangan yang ditawarkan, akan cocok banget untuk dinikmati sebagai snack ngobrol.

Untuk menu yang ngenyangin yang cocok juga untuk sharing, seri beef sandwich (Rp57000-67000) ini penuh akan filling yang beragam dan smokiness yang nagih. Untuk kamu yang pengen sesuatu yang ringan, baked potato series (Rp36000-43500) yang hangat dan berisikan butter, cheese sauce, serta filling favoritmu ini cocok banget untuk mengganjal perutmu. Lengkapi jajanmu dengan berbagai jenis fries (Rp25000-46000) dan corn ribs (Rp27500) dengan rasa yang medok dan tekstur yang asik, nyesel deh kalau gak coba! 

Instagram | TikTok | Online Order

 

Bread Mamabread mama

Bread Mama adalah salah satu contoh kios roti yang menyediakan freshly baked goods dengan kualitas yang pastinya mantap. Walaupun terletak di sebuah pasar, Bread Mama berani loh menyebut "softest bread in town", terutama dengan roti yang dipanggang langsung setiap saat ditempat. Membuat rasa yang disajikan tidak kalah dengan bakery-bakery internasional loh!

Semua varian yang ditawarkan (kalau menurut penulis) sih enak semua, wajar banget kalau rata-rata varian roti disini akan sold out kalau kamu terlambat datang. Kamu bisa menikmati berbagai varian bluder (Rp12000-16000), brioche loaf (Rp14000-15000), shokupan milk (Rp35000-43000), serta beragam roti lainnya (Rp3500-5500). Harganya yang murah dan kualitas yang keren ini, membuat Bread Mama kuliner yang wajib coba apabila kamu berkunjung ke Pasar Santa.

Instagram | Online Order

 

Fraisfrais

Kredit Foto: frais.snack di Instagram

Kita akhiri jajan-jajan dan review ini dengan makanan yang dijamin semua orang suka. Pecinta ayam dan burger ala negeri paman Sam sini ngumpul! Frais yang telah menjadi favorit warga Jakarta sejak 2020 ini adalah pelopor untuk ayam goreng yang crispy nan juicy dengan rasa yang kompleks. Tak hanya ayam, burger yang lembut nan nendang, serta kentang goreng, coleslaw, dan beragam dips yang menarik merupakan salah satu daya tarik dari Frais yang sulit untuk kamu lewatkan.

Pendapat pribadi, tapi kamu semua wajib kudu harus banget Nashville chicken mereka! Baik dengan thick cut fries, burger, maupun dengan garlic bread karena ayam mereka ini ga neko-neko gengs, semua rasa jadi satu di dalam ayam ini. Kentang goreng yang dipotong dan digoreng menjadi thick cut fries (Rp27000-56000) ini juga gak kayak kentang pada umumnya, penuh dengan rempah dan bumbu yang kompleks dan akan terus nempel di lidah konsumennya. Jangan lupa untuk pesan saus tambahan (Rp5000-25000) mereka yang beragam dan unik, dijamin nagih deh!

Instagram | TikTok | Online Order

A young and inspired boy who is on his way to becoming a man, Jodi enjoys studying and writing under the moonlight and prefers a calm ambiance. He pours his love into travelling through HalalTrip.

Leave a comment